Tips Berwisata ke Sumatera

 
tips wisata sumatera

Pulau Sumatera tidak kalah indahnya dengan pulau-pulau besar lainnya di Indonesia. Letaknya yang berada di ujung barat Nusantara tentunya menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki. Banyak sekali pegunungan indah yang akan membuat anda merasa seperti berada di nirawana. Belum lagi pesona lautan mengangumkan beserta pasir putih pantai yang akan membuat anda betah berlama-lama di pulau ini.

Segala kelebihan yang dimiliki Pulau Sumatera tentunya juga mendatangkan berbagai ciri khas tersendiri yang tidak dapat disamakan dengan pulau-pulau lainnya. Nah, sebelum berangkat menuju pulau yang memiliki sejuta keindahan ini, anda harus fokus memenuhi beberapa hal terlebih dahulu. Tentunya tips-tips wisata di Sumatera berikut dapat membantu persiapan wisata anda sehingga pengalaman selama di Pulau Sumatera menjadi tak terlupakan 🙂

Buatlah Daftar Lokasi Wisata

daftar-tempat-wisataJumlah objek wisata di Pulau Sumatera tidak cukup dengan hitungan jari. Ada banyak sekali laut, pantai, gunung, danau, flora dan fauna yang layak untuk menjadi tujuan wisata anda. Keajaiban alam Pulau Sumatera akan menghiptonis mata anda dan membuat anda ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi di sini. Tetapi, berkeliling tanpa daftar dan jadwal wisata yang jelas tentu akan menyulitkan anda. Buatlah daftar nama tempat wisata yang akan anda kunjungi, jarak serta lokasinya serinci mungkin. Barangkali anda bisa memulai perjalanan dari lokasi yang paling dekat dari tempat anda hingga ke yang paling jauh jaraknya, ataupun sebaliknya. Daftar lokasi wisata ini dapat anda lengkapi informasinya melalui rekan, majalah, ataupun internet. Selanjutnya anda juga harus mempertimbangkan kemungkinan menginap di area objek wisata ataupun di perkotaannya. Tempat penginapan juga penting untuk masuk dalam daftar anda.

Pilih Transportasi yang Paling Sesuai

transportasi sumateraJarak antara satu objek wisata dengan yang lainnya di Pulau Sumatera sangatlah beragam. Apalagi, mengingat di dalamnya terdapat 10 provinsi maka anda sebaiknya memastikan terlebih dahulu jenis transportasi di Sumatera yang akan menjadi pilihan anda. Ada banyak sekali pilihan, anda bisa menggunakan transportasi udara, darat, ataupun laut. Nah, bagi anda yang memilih menggunakan pesawat terbang, perlu anda ketahui bahwa sebagian besar dari lokasi objek wisata tidak serta merta dapat dicapai langsung. Anda masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan mobil atau kapal. Pilihan transportasi ini juga harus anda sesuaikan dengan lamanya waktu wisata anda. Sebab, untuk wisata ke pulau, tentunya kapal penyeberangan memiliki jadwal layar yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Pastikan Menawar Harga

Nah, selama berwisata Pulau Sumatera anda akan menjumpai banyak orang berjualan di sekitar objek wisata yang anda kunjungi. Tidak masalah untuk memilah, apalagi membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terdekat anda. Namun, ada satu hal pasti yang harus anda lakukan sebelum membeli sesuatu di sini, yaitu menawar harga. Ini adalah khas para pedagang di sini. Biasanya, mereka yang tahu bahwa anda bukanlah penduduk sekitar akan memberikan harga yang jauh lebih tinggi. Dibutuhkan penawaran harga agar anda mendapatkan harga yang sesuai untuk barang yang ingin dibeli. Anda juga dapat melakukan riset sederhana ke pedagang lain yang menjual barang yang sejenis untuk mengetahui patokan harga yang benar. Tidak hanya penawaran harga, sebelum anda mencicipi makanan dan minuman yang dijajakan para pedagang, anda mesti juga menanyakan harganya terlebih dahulu. Alasannya sama, yaitu untuk menghindari harga yang terlalu tinggi sementara anda sudah terlanjur memakan atau meminum jajanannya.

Perbanyak Minum

Perbanyak minumKondisi geografis Pulau Sumatera menyebabkan cuaca di pulau ini menjadi luar biasa panasnya pada siang hari. Teriknya sinar matahari ini akan sangat menganggu keseimbangan kondisi kesehatan bagi anda yang tidak terbiasa dengan cuaca panas. Oleh sebab itu, air mineral tidak boleh absen dari tas bawaan anda. Menjaga konsumsi air mineral akan membantu tubuh anda tetap fit dan tidak sampai mengalami dehidrasi. Akan sangat sayang melewatkan surga wisata Pulau Sumatera hanya karena masalah kesehatan yang terlantar akibat asupan yang kurang diperhatikan.

Go Sumatra! 🙂

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari & Booking Hotel di Sumatera

Gabung bersama kami!

Keep Connected!

email subscription rss subscription twitter facebook page Find us on Google+

Pulau Sumatera Indonesia

pulau sumatera Selamat datang di GoSumatra.com, sebuah website yang berusaha mengungkap keindahan alam pulau Sumatera Indonesia, dari tempat wisata, flora fauna, kota dan daerah, hingga pulau-pulau di sekitarnya. Pulau yang dalam bahasa sansekerta disebut Suwarnadwipa (Pulau Emas) ini terletak di bagian barat Nusantara dengan posisi koordinat 0°00′ LU 102°00′ BT. Pulau yang memiliki luas sekitar 470 ribu km² ini dinobatkan sebagai pulau keenam terbesar di dunia. Selengkapnya »