Keindahan dan Kemegahan Lembah Harau

 
Lembah Harau Objek Wisata Sumatera Barat
Kategori: Alam & Geologi | Area:

Lembah Harau, atau biasa juga disebut dengan Ngarai. Merupakan sebuah lembah yang ‘terjebak’ di antara dua tebing terjal. Objek wisata Sumatera Barat ini diminati oleh hampir seluruh wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Jika melihat dari arah bawah lembah, akan tampak seolah tebing-tebingnya meruncing menembus awan. Karena tebing-tebing tersebut memiliki ketinggian hingga 200 Meter.

Kekayaan Alam

Monyet Ekor Panjang, Lembah HarauDengan wilayah seluas sekitar 270 Hektar, sejak tanggal 10 Januari 1993 Lembah Harau telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa. Salah satu hewan khas yang hidup di dalamnya adalah Macaca fascirulatis atau Monyet ekor panjang. Hewan ini termasuk spesies langka hewan endemik Sumatera. Monyet-monyet ini bergelantungan dan saling berpindah tempat sehingga akan memberikan hiburan tersendiri dalam wisata Anda. Selain itu, Cagar Alam Lembah Harau juga memiliki berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi. Oleh karena itu, salah satu kawasan di dalam lokasi Lembah Harau direncanakan untuk menjadi Taman Safari Sumatera. Yaitu Resort Rimbo Piobang. Ditambah lagi, Anda juga dapat mengunjungi sebuah kebun binatang dan tempat penangkaran kupu-kupu di kawasan Aka Berayun.

Geografis

Tebing Lembah Harau, Sumatera BaratLembah Harau terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kondisi alam Sumatera Barat pastilah sangat sesuai bagi Anda yang memiliki hobi berpetualang. Salah satu contohnya adalah Lembah Harau ini, yang memiliki topografi daratan bergelombang dan berbukit. Anda bisa menjelajah beberapa bukit-bukit indah di sekitar kawasan Lembah Harau. Seperti Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang. Hamparan Lembah Harau dikelilingi tebing-tebing batu berpasir yang cukup terjal. Belum lagi tebing-tebing granit yang menjulang dengan tinggi hingga 300 Meter. Tidak hanya itu, di kondisi alam Sumatera Barat yang subur, Anda bisa menikmati pemandangan hijaunya persawahan di antara tebing-tebing yang tegak lurus, beserta suasana alamnya yang sangat menakjubkan.

Lembah Harau dipagari oleh gugusan tebing yang sangat tinggi. Salah satu teori pembentukan lembah ini adalah akibat proses erosi jutaan tahun. Serta bertemunya Lempeng Austronesia dengan Lempeng Eurasia yang saling mendesak. Desakan tersebut menyebabkan terjadinya patahan besar yang berjajar di ujung Selatan Pulau Sumatera. Berdasarkan penelitian, bebatuan di Lembah Harau ini sudah berumur 30 hingga 40 juta tahun.

Anda akan mendapat pengalaman tak ternilai dengan mendaki hingga ke puncak tebingnya. Menghabiskan waktu menjelajah dan menaklukkan hutan belantara selama sekitar 6 jam. Namun jangan khawatir bagi Anda yang tidak ingin repot, tersedia akses yang lebih mudah. Yaitu dengan menyusuri jalur anak tangga, hingga tiba di bagian atas tebing. Di tempat ini, Anda dapat menyisir pemandangan dan menikmati keindahan alam Sumatera Barat dari ketinggian.

Objek Wisata Alam

Air Terjun Lembah Harau, Sumatera BaratSelain pemandangan tebing-tebing yang menjulang dengan kokoh dan megah, Anda juga akan merasakan segarnya udara dan objek wisata alam lainnya di Lembah Harau. Anda bisa mengunjungi beberapa kawasan objek wisata alam, yang masing-masing akan membuat Anda merasa takjub. Seperti Air Terjun Aka Barayun, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Murni, dan Air Terjun Sarasah Aie Angek. Keempat wisata alam tersebut berada di kawasan Resort Sarasah Bunta. Tiap-tiap air terjun tersebut memiliki keistimewaan tersendiri.

Air Terjun Sarasah Aie Luluih mengalir di sisi dinding batuan, dengan kolam yang masih sangat alami di bagian dasatnya. Sedangkan saat menjelang siang, Air Terjun Sarasah Bunta akan terlihat sangat cantik ketika diterpa sinar matahari.

Di Air Terjun Sarasah Murai Anda bisa menikmati keindahan Burung Murai di sela-sela rerimbunan pohon, beserta merdu kicauannya. Sedangkan kawasan Air Terjun Sarasah Aie Angek masih relatif sepi. Walaupun terbilang unik, belum banyak pengunjung yang datang ke air tejun ini karena kawasan ini belum dibuka sepenuhnya sebagai obyek wisata. Di Air Terjun Sarasah Aie Angek ini, Anda bisa menikmati keindahan sekaligus kehangatan airnya. Karena air terjun ini memiliki satu keunikan, yaitu suhu air yang cukup hangat.

Kolam Air Terjun Resort Aka BarayunNah, setelah puas menikmati kelima air terjun tersebut, Anda masih punya dua lokasi untuk dijelajahi. Di Resort Aka Barayun Lembah Harau Anda bisa berenang di kolam renang, sembari menikmati suasana alam nan asri. Tempat ini juga potensial untuk olahraga panjat tebing. Bagi Anda yang masih ingin menghabiskan waktu lebih lama menikmati keindahan dan kemegahan Lembah Harau, di kawasan ini juga tersedia fasilitas berupa penginapan atau homestay. Sedangkan Resort Rimbo Piobang masih dalam rencana pengembangan untuk dijadikan Taman Safari Sumatera.

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan di sini.

Satu tanggapan untuk “Keindahan dan Kemegahan Lembah Harau”

  1. […] hingga 200 Meter. Dengan wilayah seluas sekitar 270 Hektar, sejak tanggal 10 Januari 1993 Lembah Harau telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa. Berikut Peta Lembah Harau […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari & Booking Hotel di Sumatera

Gabung Bersama Kami

Keep Conected!

email subscription rss subscription twitter facebook page Find us on Google+

Kunjungi Pula

Pulau Sumatera Indonesia

pulau sumatera Selamat datang di GoSumatra.com, sebuah website yang berusaha mengungkap keindahan alam pulau Sumatera Indonesia, dari tempat wisata, flora fauna, kota dan daerah, hingga pulau-pulau di sekitarnya. Pulau yang dalam bahasa sansekerta disebut Suwarnadwipa (Pulau Emas) ini terletak di bagian barat Nusantara dengan posisi koordinat 0°00′ LU 102°00′ BT. Pulau yang memiliki luas sekitar 470 ribu km² ini dinobatkan sebagai pulau keenam terbesar di dunia. Selengkapnya »