Keindahan Pulau Kinoi Kepulauan Riau – finalis World Legacy Awards 2015

 
pulau nikoi kepulauan riau
Kategori: Tempat Wisata | Area:

Kepulauan Riau memang salah satu propinsi yang memiliki banyak keindahan wisatanya, apalagi untuk wisata pantai serta pulaunya. Propinsi ini mempunyai pulau yang difavoritkan oleh wisatawan domestik maupun macanegara, Pulau Bintan Resort yang indah dan mempunyai bentangan pasir putih yang menghadap ke Laut China Selatan. Tetapi selain Pulau Bintan, Kepulauan Riau juga mempunyai sebuah pulau yang tak kalah indahnya yaitu Pulau Nikoi yang dikategorikan 10 pulau indah di Asia.

Obyek Wisata

pulau nikoi kepulauan riauPulau yang mempunyai luas sekitar 19 hektar yang terletak 8 kilometer di timur laut Pulau Bintan. Pulau Nikoi ini masih mempunyai keindahan yang benar-benar alami dan terbebas dari polusi. Dikelilingi dengan pantai berpasir putih dan karang koral dengan warna-warni spektakuler, serta keberagaman hayati dan garis pantai yang indah. Karena keindahannya, Pulau Nikoi ini menjadi salah satu dari tiga finalis World Legacy Awards 2015 yang diselenggarakan oleh National Geographic.

World Legacy Award merupakan penghargaan untuk perusahaan, organisasi dan destinasi terkemuka mulai hotel pulau nikoi kepulauan riauhingga ecolodge, pulau-pulau kecil, serta negara yang mendorong transformasi positif dari industri perjalanan. Ada 5 Kategory dalam penghargaan ini, yaitu: Earth Changers, Sense of Place, Conserving the Natural World,Engaging Communities, dan Destination Leadership. Ada lebih dari 150 peserta mewakili 56 negara dan enam benua yang ikut bepartisipasi. Salah satu proses penjurian adalah inspeksi di tempat untuk mendokumentasikan praktik-praktik pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Tidak hanya keindahan pantai dan pasir putihnya saja, Pulau Nikoi juga memiliki pemandangan hutan hijau yang subur termasuk pepohonan Banyan asli yang memberikan tempat berlindung untuk habitat burung lokal. Dipulau ini tidak ada kendaraan, jadi dipastikan bahwa pulau ini bebas dari polusi udara. Berbagai flora dan fauna asli masih dapat kita jumpai dipulau ini. Jika anda beruntung anda bisa bertemu binatang-binatang lucu dan menarik seperti penyu bahkan bayi penyu yang baru menetas. Disini anda dapat menikmati santap makan di ruang makan yang beralaskan pasir pantai alami. Setelah itu, bisa duduk di pinggir pantai menikmati matahari terbenam.

pulau nikoi kepulauan riauAkses

Dari kota Tanjungpinang, ibukota kepulauan Riau, Pulau Nikoi dapat dicapai dengan menggunakan speedboat sekitar 30 menit. Meski dibuka untuk umum, namun tidak mudah masuk ke pulau ini. Pengelola pulau hanya memberikan kesempatan kepada 42 wisatawan dalam sehari. Itu pun jika tidak ada di booking khusus oleh wisatawan lain. Jika pulau ini sudah di-booking, maka tidak ada orang lain yang bisa masuk.

Fasilitas dan Akomodasi

Terdapat resort-resort dengan bangunan yang alami, tersedia 15 rumah pondok yang terbuat dari alang-alang dengan menghadap ke arah pantai, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menikmati pemandangan pantai, serasa pantai milik pribadi.

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari & Booking Hotel di Sumatera

Gabung Bersama Kami

Keep Conected!

email subscription rss subscription twitter facebook page Find us on Google+

Kunjungi Pula

Pulau Sumatera Indonesia

pulau sumatera Selamat datang di GoSumatra.com, sebuah website yang berusaha mengungkap keindahan alam pulau Sumatera Indonesia, dari tempat wisata, flora fauna, kota dan daerah, hingga pulau-pulau di sekitarnya. Pulau yang dalam bahasa sansekerta disebut Suwarnadwipa (Pulau Emas) ini terletak di bagian barat Nusantara dengan posisi koordinat 0°00′ LU 102°00′ BT. Pulau yang memiliki luas sekitar 470 ribu km² ini dinobatkan sebagai pulau keenam terbesar di dunia. Selengkapnya »