Eksotisme Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara

 
eksotisme kawah putih tinggi raja sumatra utara
Kategori: Alam & Geologi | Area:

Sumatera Utara sebuah propinsi yang mempunyai keindahan obyek wisata Danau Tobanya yang sangat terkenal di Indonesia maupun dunia. Tetapi di Propinsi Sumatera Utara terdapat obyek wisata eksotis yang masyarakat indonesia tidak begitu mengetahuinya. Namanya Kawah Putih Tinggi Raja, yang kalau di Jawa Barat mempunyai Kawah Putih Ciwidey. Namun keindahan Kawah Putih Tinggi Raja tak kalah dengan Kawah Putih Ciwidey Jawa Barat dan Danau Toba.

Obyek Wisata

kawah putih tinggi rajaObyek wisata ini belum terekplorasi dengan baik, berada di tengah-tengah kawasan hutan pohon yang tinggi-tinggi membuat obyek wisata ini belum sangat dikenal. Kawah Putih Tinggi Raja yang terdapat di cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah seluas 4 hektare ini bagai mutiara di dalam lumpur. Tidak dapat dipercaya di tengah-tengah lebatnya hutan dan jalan untuk menuju kawah yang tidak begitu mulus terdapat keindahan yang mengagumkan, pengunjung pun akan dibuat terpesona dengan keindahan bukit putih kapur dan aliran air panas yang keindahanya menyerupai putih salju.

Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius Kawah Putih Tinggi Raja ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada di daerah tersebut, sehingga air panas itu bisa untuk merebus telur hingga matang. Aliran air panas mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, peristiwa ini menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sebagian orang menyebutnya dengan Salju Panas.

sumber kawah putih tinggi raja sumatra utaraAda dua tempat yang bisa di kunjungi di area obyek wisata ini. Yang pertama adalah bukit kapur yang dilalui oleh aliran air panas yang membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang mata, ada juga keindahan karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut yang dilewati air panas menjadikan bebatuan tersebut seperti sebuah karpet yang berwarna hijau keputihan. Diatas juga terdapat sebuah kolam alam yang berluas tidak cukup besar yang mengeluarkan sumber air panas yang nampak bergelembung dari dasar kolam, yang tentunya pengunjung dilarang mandi di area itu. Aliran air panas yang melalui semak-semak pepohonan yang mengering dan berkumpul menjadi satu membentuk sebuah danau yang berwarna biru kehijauan yang amat cantik.

sungai kawah putih tinggi raja sumatra utaraTempat kedua berada di bawah tebing. Disini pengunjung bisa menikmati atau bermandi air. Terdapat sebuah aliran sungai yang sejuk dan air terjun yang mengalir dari bukit di atas menjadikan tempat ini tujuan berendam setelah pengunjung menikmati keindahan air panas diatas. Sumber air panas ini dipercaya mengandung belerang yang baik bagi kesehatan kulit bila dipakai untuk mandi atau sekedar untuk membasuh anggota badan.

 

Lokasi

Kawah Putih Raja Tinggi terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Akses

Ada tiga rute yang bisa dilaui untuk samapi ke kawasan Kawah Putih Tinggi Raja

  1.  Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Raja Tinggi
  2. Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja
  3. Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja

Semua mempunyai jarak tempuh yang sama yaitu 80 – 90 km denga waktu 3-4 jam dari Kota Medan.

Akomodasi

Karena tempatnya yang terpencil dan jauh dari kota, tidak terdapat penginapan atau hotel di area tersebut.Dan alangkah baiknya bila membawa bekal makan sendiri, karen jarang ditemui warung makan di obyek wisata ini.

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan di sini.

10 tanggapan untuk “Eksotisme Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara”

  1. intan mengatakan:

    untuk menuju tempatnya kira kira berapa jam ya….???

  2. eka mengatakan:

    berapa jam dari binje ke situ?

  3. fadhil mengatakan:

    letak pas di google map ny bsa d ksh tw gk gan,

  4. mahin mengatakan:

    Semoga bisa mengunjunginya. 🙂

  5. andriano gultom mengatakan:

    brapa jam dri rantau prapat gan?

  6. kang turi mengatakan:

    tapi parah punglinya orang kalau kesah kapok. karna pengelolaannya yg belum terorganisir,,masih liar.udah jalannya parah kemarin kita masuk dari kotarih. jalannya batu besar besar..susah dilewati kendaraan.apa lagi kalau hujan. dan yg paling parah ya itu tadi pungutan liar, sampai kekekawahnya ada sampai^ 6 punggutan dan tak jelas kemana . karna perorangan.

  7. fery mengatakan:

    Perbaikan jalan untuk menuju lokasi secepatnya harus diperbaki.

  8. abu hasyim mengatakan:

    Lokasi yang abstrak buat pengunjung berlibur 🙀

  9. hasibuan mengatakan:

    Pada pemkab simalungun..tolong di tertipkan pungutan liar sangat banyak dari warga setempat..biaya masuk aja ada sampai 4 titik..ini sangat memalukan kalo ada tamu tamu dari luar sumut .trimaksih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari & Booking Hotel di Sumatera

Gabung Bersama Kami

Keep Conected!

email subscription rss subscription twitter facebook page Find us on Google+

Kunjungi Pula

Pulau Sumatera Indonesia

pulau sumatera Selamat datang di GoSumatra.com, sebuah website yang berusaha mengungkap keindahan alam pulau Sumatera Indonesia, dari tempat wisata, flora fauna, kota dan daerah, hingga pulau-pulau di sekitarnya. Pulau yang dalam bahasa sansekerta disebut Suwarnadwipa (Pulau Emas) ini terletak di bagian barat Nusantara dengan posisi koordinat 0°00′ LU 102°00′ BT. Pulau yang memiliki luas sekitar 470 ribu km² ini dinobatkan sebagai pulau keenam terbesar di dunia. Selengkapnya »