Wisata Danau Kerinci

 
Danau Kerinci
Kategori: Tempat Wisata | Area:

Alam Provinsi Jambi kian mempesona dengan adanya Danau Kerinci. Kehadirannya semakin menambah takjub lukisan nyata Gunung Raja yang menjulang dan menjadi latarbelakang pemandangan yang menawan. Kilauan Air yang jernih membuat mata tidak pernah bosan menatap salah satu keindahan ciptaan Tuhan yang ada di Pulau Sumatera.

Pemandangan Danau Kerinci, SumateraDanau Kerinci terbentang di kaki Gunung Raja, di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Di Provinsi Jambi, Danau Kerinci merupakan danau terbesar yang memiliki luas 4.200 Hektar dengan kedalaman 110 Meter Sedangkan ketinggiannya mencapai 783 Meter di atas permukaan laut dan memiliki kelililing sepanjang 70 Km.

Menurut para peneliti geologi, Danau Kerinci adalah bagian daripada lembah Gunung Kerinci. Lembah ini kemudian terbentuk karena letusan-letusan kecil yang diakibatkan oleh gunung berapi dan penurunan Pegunungan Bukit Barisan. Kemudian, air yang ada di gunung mengisi lembah ini sehingga terbentuklah sebuah danau yang berukuran besar. Dalam ribuan tahun, proses tersebut mampu memperkecil ukuran danau hingga berubah menjadi danau Kerinci dengan perairannya yang melintasi sungai Batang Merangin. Wilayah ini merupakan alur patahan Sumatera, sehingga secara periodik terjadi gempa tektonik yang merupakan akibat gerakan bagian–bagian dari lithosfera yang mendapat tekanan horizontal berlawanan arah.

Kekayaan Alam

Danau yang berada di Kabupaten Kerinci ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatra, setalah Danau Toba. Selain pemandangannya yang sangat menawan, danau ini juga berfungsi sebagai salah satu sumber daya air di Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi. Air di danau ini mampu untuk menyuplai kebutuhan air masyarakat, baik untuk pertanian, maupun kebutuhan air minum.

Salah satu Festival Masyarakat Peduli Danau KerinciPemerintah Daerah menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata utama di Jambi. Danau yang menyimpan legenda Calupat dan Calungga ini menjadi tempat berlangsungnya Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) yang diadakan setiap tahun. Festival tahunan ini sudah dimulai sejak tahun 1999. Kegiatannya adalah menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Jambi sebagai suguhan untuk para wisatawan yang datang berkunjung.

Jika Anda melepaskan pandangan ke tengah danau, maka akan terlihat perahu-perahu kecil nelayan yang sedang mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat Kerinci. Cara yang dilakukan untuk menangkap ikan juga masih tergolong tradisional, karena untuk menjaga kealamian Danau. Hebatnya, penangkapan ikan yang dilakukan pada malam hari biasa dilakukan tanpa menggunakan alat bantu pernafasan. Sementara itu Usaha perikanan di Danau Kerinci menghasilkan sebanyak 780 Ton ikan pertahun.

Di kawasan ini Anda juga akan melihat sekumpulan burung-burung seperti burung belibis dan menjadi tempat minum berbagai jenis satwa. Menarik bukan, melihat keindahan alam ditemani satwa-satwa yang ramah dalam perjalanan wisata Anda.

Sementara desa-desa yang berada di sekitar danau, ditemukan sejumlah batu berukir yang dipercaya sebagai peninggalan manusia megalit yang hidup ribuan tahun lalu. Penemuan tersebut menunjukan ada peradaban yang pernah berkembang disini dan bisa menjadi kajian sejarah khasanah negeri.

Objek Wisata Alam

Berwisata ke Danau Kerinci, pastikan stamina Anda dalam keadaan yang fit. Pasalnya, banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika sudah sampai Kawasan Danau Kerinci. Jika Anda hobi memancing, jangan lupa membawa perlengkapan pancing Anda, karena di sini hidup beberapa jenis ikan yang bisa Anda pancing. Anda juga bisa melakukan aktivitas berenang atau perkemahan dengan keluarga atau sahabat. Di sepanjang pinggiran danau, merupakan tempat yang sangat cocok untuk melihat pemandangan Danau Kerinci. Di sana Anda akan melihat perahu para nelayan yang sedang menangkap ikan bagaikan nelayan yang ada di pantai-pantai.

Batu Peninggalan Megalitikum di Danau Kerinci, JambiDi sekitar Danau Kerinci terdapat beberapa lokasi yang menarik lainnya. Keelokan Danau Kerinci dapat Anda nikmati dari atas melalui Tanjung Hatta. Mengapa Hatta? Karena dahulunya mantan Presiden Republik Indonesia Bung Hatta sering menikmati panorama Danau Kerinci, bahkan menanam pohon di sana. Anda juga bisa mengunjungi Desa Seleman, dimana di sana terdapat Rumah Laheik sebagai rumah khas Kerinci. Ada juga Desa Pulau Tengah yang terdapat Dolmen Batu Raja dan Masjid Keramat Pulau Tengah. Anda juga dapat melihat sejumlah batu berukir peninggalan manusia megalit. Batu ukir ini dipercaya mejadi bukti bahwa wilayah di sekitar Danau Kerinci adalah daerah yang pernah dihuni manusia purba.

Usai menikmati keindahanya, saatnya melanjutkan dengan wisata kuliner di sekitar danau. Ke Danau Kerinci rasanya belum lengkap kalau Anda belum mencoba makanan dan minuman khas daerah Kerinci. Anda harus coba santapan Beras Payo, Gulai Ikan Semah, Dendeng Beteko, Kacang Tojin, Lemang dan Jeruk Pelompek, ditemani secangkir Kopi Kerinci atau Teh Kayu Aro.

 

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari & Booking Hotel di Sumatera

Gabung Bersama Kami

Keep Conected!

email subscription rss subscription twitter facebook page Find us on Google+

Kunjungi Pula

Pulau Sumatera Indonesia

pulau sumatera Selamat datang di GoSumatra.com, sebuah website yang berusaha mengungkap keindahan alam pulau Sumatera Indonesia, dari tempat wisata, flora fauna, kota dan daerah, hingga pulau-pulau di sekitarnya. Pulau yang dalam bahasa sansekerta disebut Suwarnadwipa (Pulau Emas) ini terletak di bagian barat Nusantara dengan posisi koordinat 0°00′ LU 102°00′ BT. Pulau yang memiliki luas sekitar 470 ribu km² ini dinobatkan sebagai pulau keenam terbesar di dunia. Selengkapnya »