Pesona Matahari Terbit di Danau Gunung Tujuh

 
Danau Gunung Tujuh Kerinci
Kategori: Tempat Wisata | Area:

Salah satu andalan objek wisata di Provinsi Jambi yaitu Danau Gunung Tujuh. Danau ini terletak di Gunung Tujuh dan terjadi karena letusan gunung tersebut pada ratusan tahun yang lalu. Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi se-Asia Tenggara, dengan ketinggian 1.950 mdpl. Danau ini merupakan sumber mata air dari Sungai Batang Sangir serta Air Terjun Telun Berasap.

Di Danau Gunung Tujuh ini, terdapat sebuah mitos. Menurut masyarakat setempat, danau ini adalah danau keramat. Karena dihuni dan dijaga oleh mahkluk gaib yang berbentuk seperti manusia yang bernama Saleh Sri Menanti dan Lbei Sakti. Selain itu, ada juga para pengawal daripada mahkluk gaib tersebut yang berbentuk harimau.

Objek Wisata

Matahari Terbit Danau Gunung Tujuh JambiDiberi nama Gunung Tujuh, karena danau ini dikelilingi oleh barisan pegunungan yang berjumlah tujuh buah. Yaitu Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.735 mdpl, Gunung Jar Panggang dengan ketinggian 2.469 mdpl, Gunung Madura Besi dengan ketinggian 2.418 mdpl, Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2.525 mdpl, Gunung Lumut dengan ketinggian 2.350 mdpl, Gunung Hulu Sangir dengan ketinggian 2.330 mdpl serta Gunung Selasih yang memiliki ketinggian 2.230 mdpl.

keindahan Danau Gunung Tujuh JambiMemiliki kondisi alam yang masih alami, karena belum banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Pulau Sumatera ini. Daya tarik dari danau ini yaitu panorama keindahan yang alami dan berhawa sejuk, karena berada di daerah pegunungan, seperti Telaga Sarangan yang ada di Pulau Jawa. Selain itu, airnya yang jernih akan membuat mata Anda terasa segar. Jika Anda ingin menjelajah danau ini, Anda bisa menyewa perahu dari masyarakat di sekitar danau yang juga berprofesi sebagai nelayan.

Di sekitar danau, terdapat beberapa tempat dengan hamparan pasir layaknya berada di pantai. Tempat tersebut, biasanya digunakan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda dan bermalam di danau ini. Mereka sengaja bermalam di tempat tesebut. karena ingin melihat pesona matahari terbit di Danau Gunung Tujuh.

Lokasi

Danau Gunung Tujuh berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Akses

Untuk menuju Danau Gunung Tujuh memang relatif jauh. Dari Kota Jambi, Anda harus menuju Sungai Penuh menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dengan jarak kurang lebih 500 Km, yang membutuhkan waktu kurang lebih 10 Jam. Sesampainya di Sungai Penuh, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Desa Pelompek yang berada di Kecamatan Kayu Aro dengan jarak kurang lebih 50 Km yang membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 Jam. Setelah sampai di Desa Kersik Tuo, Anda dapat beristirahat sejenak di rumah-rumah penduduk yang memang sengaja dibuat untuk homestay atau menitipkan kendaraan Anda. Karena, untuk mencapai Danau Gunung Tujuh, Anda harus berjalan kaki.

Untuk menuju kawasan danau, terdapat 2 jalur yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  1. Jalur 1, dari gerbang pos jaga Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki kondisi medan yang landai, namun jarak tempuh yang akan Anda lalui lebih jauh, memerlukan waktu sekitar 3 Jam perjalanan.
  2. Jalur 2, dari belakang wisma Gunung Tujuh, memiliki jalur yang relatif sulit dengan kondisi medan yang terjal dan curam. Namun hanya memerlukan waktu sekitar 2 Jam perjalanan.

Fasilitas dan Akomodasi

Mengingat Danau Gunung Tujuh masih sangat sepi, fasilitas dan akomodasi masih sangat minim. Jika Anda ingin bermalam di hotel terdapat hotel yang lumayan jauh dari tempat wisata tersebut seperti Hotel Semangi. Namun, Jika Anda memiliki budget terbatas Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan homestay yang berada di Kersik Tuo.

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari & Booking Hotel di Sumatera

Gabung Bersama Kami

Keep Conected!

email subscription rss subscription twitter facebook page Find us on Google+

Kunjungi Pula

Pulau Sumatera Indonesia

pulau sumatera Selamat datang di GoSumatra.com, sebuah website yang berusaha mengungkap keindahan alam pulau Sumatera Indonesia, dari tempat wisata, flora fauna, kota dan daerah, hingga pulau-pulau di sekitarnya. Pulau yang dalam bahasa sansekerta disebut Suwarnadwipa (Pulau Emas) ini terletak di bagian barat Nusantara dengan posisi koordinat 0°00′ LU 102°00′ BT. Pulau yang memiliki luas sekitar 470 ribu km² ini dinobatkan sebagai pulau keenam terbesar di dunia. Selengkapnya »